REVIEW SOFTWARE AUDIT SISTEM INFORMASI (ACL)

ACL adalah sebuah software TABK (Teknik Audit Berbasis Komputer) untuk membantu auditor melakukan pemeriksaan di lingkungan sistem informasi berbasis komputer atau Pemrosesan Data Elektronik (EDC). ACL adalah salah satu software yang sangat populer dalam analisa terhadap data dari berbagai sumber.

Untuk menjalankan ACL, tidak diperlukan spesifikasi hardware yang tinggi, karena system requirements ACL adalah sebagai berikut.

  1. PC (Personal Computer) dengan processor 1.8GHz
  2. RAM 2GB (Direkomendasikan 4GB (32bit), 8GB (64bit))
  3. Sistem Operasi Windows 7 (32bit/64bit), Windows 8.1 (64bit), Windows 10 (64bit)
  4. Memori Hard disk 8GB (Direkomendasikan 100GB atau lebih)

Software ini user-friendly dan mudah digunakan, dimana desain antarmuka dengan menu pull-downmenu barbutton/toolbar dengan icon yang tidak asing bagi user yang terbiasa dengan software berbasis Windows lainnya. Fasilitas Help yang interaktif juga sangat membantu user dan memudahkan user dalam pengoperasian software ini.

ACL dapat memproses setiap tipe data. Software ini menggunakan fitur Input File Definition untuk mengakses dan membaca data yang disimpan dalam berbagai format file, seperti database relasional melalui ODBC, dBASE, delimited, .txt, .dat, dan format lainnya.

Laporan hasil audit dapat diekspor dalam berbagai format file/data, antara lain .txt, .html, .fil, Dbase, Excel (.xls), Lotus, delimited, Word (.doc), dan Word Perfect.

ACL memiliki akses secara read-only ke file data sumber (data asli) sehingga user tidak dapat mengubahnya. ACL juga memungkinkan user menggabungkan data dari sistem yang berbeda untuk konversi, rekonsiliasi, dan kontrol, sehingga dapat menjadi bagian dari sistem yang terintegrasi. ACL memungkinkan user menyesuaikan tampilan asli yang dihasilkan dari proses definisi data menjadi tampilan yang sesuai dengan kebutuhan analisis user.

ACL mampu menganalisis sekumpulan data dalam jumlah besar secara keseluruhan. Software ini menyediakan kemudahan dan keamanan dalam mengakses informasi yang mungkin berada pada platform yang berbeda dan terdistribusi di beberapa sistem. ACL mampu mengakses data dengan ukuran file yang tak terbatas, sehingga user mampu menganalisis jutaan record data/transaksi. Software ini juga menyediakan akses ke hampir semua sumber data dan pada banyak kasus tanpa harus dikonversi terlebih dahulu.

Dengan berbagai fitur tersebut, user seperti auditor, manajer, dan analis data dapat mengumpulkan berbagai jenis informasi yang diperlukan, mengambil keputusan yang efektif untuk memperbaiki operasi sehari-hari, dan merencanakan proses baru untuk keberhasilan bisnis yang dibangun.

 

Manfaat ACL:

  1. Membantu mengakses data baik secara langsung (direct) ke dalam sistem jaringan ataupun tidak langsung (indirect) melalui media lain seperti softcopy dalam bentuk text file/record
  2. Mengidentifikasi kecenderungan/gejala, dapat juga menunjukkan dengan tepat sasaran pengecualian data dan menyoroti potensial area yang menjadi perhatian
  3. Mengidentifikasi proses perhitungan kembali dan proses verifikasi yang benar
  4. Mengidentifikasi persoalan sistem pengawasan dan memastikan terpenuhinya permhonan dengan aturan yang telah ditetapkan
  5. Menganalisa beberapa transaksi menggunakan basis waktu yang sensitif.

 

Sumber:

http://catatandestra.blogspot.co.id/2014/05/pengertiankeuntunganmanfaat-acl-audit.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s