SISTEM CERDAS YANG ADA DI SEKITAR KITA

Berikut adalah contoh sistem cerdas yang ada di lingkungan sekitar kita.

  1. Vending Machine

bevmaxcoke

Vending Machine adalah mesin yang digunakan untuk mengeluarkan/menjual produk secara otomatis tanpa ada operator. Operator tidak perlu menunggu mesin, tetapi hanya bertugas untuk mengisi, memeriksa ketersediaan barang yang dijual dan memeriksa mesin. Saat ini vending machine mudah kita jumpai di negara-negara maju yang digunakan sebagai alat untuk menjual berbagai macam produk.

Vending Machine menurut sejarahnya ditemukan pada abad pertama oleh seorang pahlawan dari Alexandria. Vending Machine modern pertama kali diperkenalkan di London pada tahun 1880, vending machine ini menjual kartu pos. Sedangkan di US pada tahun 1888 dibuat vending machine untuk menjual permen karet, mesin dibuat oleh Thomas Adams Gum Company yaitu perusahaan pembuat permen karet. Perkembangan vending machine justru berkembang pesat di Jepang. Dimana hampir segala kebutuhan sehari-hari jika bisa di buat vending machine-nya.

Cara kerja vending machine adalah dengan melakukan pembayaran (baik menggunakan uang ataupun sistem lainnya) kepada mesin kemudian memilih produk, setelah itu produk yang dipilih akan segera keluar.

     2. ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

6172535_g

ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Banyak ATM juga melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.

ATM modern pertama yang berfungsi ditemukan oleh Sir John Shepherd-Barron tanggal 27 Juni 1967 di Inggris. Mesin tersebut dipasang di Bank Barclays cabang Enfield di Inggris. Oleh karena jasanya, Ratu Inggris pada tahun 2004 memberikan gelar “Most Excellent Order of the Britis Empire” kepadanya.

Mesin ATM mulai ramai digunakan di Indonesia pada tahun 1980an, pengguna ATM pertama di Indonesia adalah bank HSBC dan bank Niaga. Dengan persaingan pasar yang besar, maka bank – bank lain juga ikut memasang ATM untuk memudahkan nasabah mereka dalam menarik uang.

ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, stasiun kereta api, terminal bus, pasar tradisional, dan kantor-kantor bank itu sendiri.

Cara kerja mesin ATM mudah dan sederhana. Yang pertama kamu lakukan ialah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Setelah kartu dimasukkan, maka kartu akan dibaca oleh magnetic card reader yang berfungsi sebagai pembaca dan penerima data. Setelah dibaca, data dikirim ke sistem komputerisasi bank.

    3. Automatic Sliding Door (Pintu Geser Otomatis)

es_200_1200x1200_au_image_slider_product_image_slider_zoom

Automatic Sliding Door atau Pintu Geser Otomatis adalah suatu perangkat yang dapat mendeteksi kehadiran manusia atau objek hidup lainnya. Automatic sliding door biasanya sering kita temui di mall, perkantoran, apartemen dan pabrik. Penggunaan automatic sliding door juga sangat praktis, kita tidak perlu memegang gagang pintu untuk membukanya, kita hanya perlu berjalan menghampirinya maka pintu akan otomatis terbuka dan akan otomatis tertutup kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s