IMPLEMENTASI GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA DALAM BIDANG SEHARI-HARI

          Ada banyak hal yang sudah menggunakan komputer beserta teknologinya yang sudah modern. Terdapat banyak contoh yang bisa kita lihat dalam kehidupan kita sehari – hari. Dengan menggunakan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, kita bisa memanfaatkan semuanya hanya dengan mudah dan hanya dengan menekan satu tombol saja. Disini kita akan membahas tentang Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Implementasi dari grafik komputer?

Implementasi adalah mewujudkan rumusan rumusan menjadi suatu yang nyata.

Contoh implementasi dari grafik komputer:

          Memanipulasi suatu objek menggunakan computer agar kita bisa berkomunikasi melalui gambar, bagan, maupun diagram. Salah satu contoh dari hasil  grafik computer saat ni yang paling berkembang adalah game. Game pc, playstation , maupun game online itu salah satu hasil dari grafik komputer. Implementasi grafik  computer dalam pembuatan  game tersebut  membantu untuk penggerak  dan penarik untuk di lihat.

          Grafik Komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan, dan manipulasi dari data/citra. Hal ini dikenal dengan visualisasi data. Model bisa dari berbagai bentuk fisik maupun abstrak. Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen. Dengan kata lain, grafik komputer merupakan menghasilkan sebuah data yang menjadi grafik atau citra.

          Pengolahan Citra merupakan hasil transformasi dari citra atau gambar yang pertama kali menjadi citra yang lain atau dengan kata lain dengan lebih baik lagi. Dengan kata lain, Pengolahan Citra merupakan proses memeperbaiki suatu grafik/citra agar lebih mudah diinprestasi oleh pengguna.

          Banyak aplikasi yang digunakan dalam bidang grafik computer, contohnya Borland C++ Builder. Borland C++ Builder merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu pembuatan dalam visualisasi data.

          Dalam kehidupan sehari – hari, kita dapat temukan hal – hal yang berhubungan dengan Grafik Komputer dan Pengolahan Citranya, yaitu:

  1. Video Game

Dalam era sekarang ini berkembang pesat video game dengan taraf grafik yang sangat nyata, hampir mirip dengan realita kehidupan. Dengan begitu, bermain game akan lebih maenarik dan menyenangkan. Pengolahan citra nya sudah sangat ditemukan, seperti perubahan dari grafik PlayStation 1 ke PlayStation 2 yang sudah terlihat lebih nyata

Gambar permainan Tetris

  1. Televisi

Dari tahun ke tahun televisi mengalami perkembangan Grafik Komputer yang lebih modern. Dulu kita melihat Televisi hanya berupa warna hitam dan putih, setelah berkembangnya jaman perubahan warna sangat signifikan, kita disuguhkan oleh beragam warna dan Grafik yang modern yang dapat kita lihat dalam Televisi. Dewasa ini Pengolahan Citra sudah sangat terlihat, dari televisi yang hanya menampilkan efek atau grafik yang dibilang kurang nyata, sekarang sudah disuguhkan oleh LCD atau LED yang mempunyai grafik lebih modern bahkan bisa mencapai Grafik 3D.

Hasil gambar untuk smart tv

Televisi layar lengkung (curved TV)

  1. Presentasi

Dengan kemajuan grafik yang sekarang pesentasi lebih mudah dan lebih terlihat lebih baik. Tidak perlu menggunakan kertas dan menggunakan Proyektor, hanya menggunakan komputer atau laptop  yang dihubungkan oleh OHP. Saat ini sudah ada OHP yang hanya tinggal menggunakan Flashdisk saja

  

Presentasi menggunakan proyektor

 

  1. Film

Banyak Film sekarang dengan tampilan gambar yang baik, terutama film dengan genre animasi sudah banyak ditemukan dengan grafik yang modern. Contohnya dapat kita lihat dalam film Finding Dory

Hasil gambar untuk finding dory

Film animasi Finding Dory

  1. Peta

Banyak orang yang sudah memanfaatkan grafik computer dalam bidang perpetaan. Dengan gadget yang modern, kita bisa menggunakan aplikasi peta dengan grafik yang lebih baik dan tidak perlu repot lagi.

 

 Aplikasi peta

  1. Foto

Banyak hasil yang menggunakan kamera dengan grafik yang sudah lebih baik. Dengan ini kita bisa membuat hasil foto yang kita inginkan dan tidak perlu membuang waktu untuk mencuci foto kita lagi.

Hasil gambar untuk foto

Pemanfaatan pengolahan citra dalam kehiduan sehari-hari yaitu :

1. Bidang pertanian

          Teknik pengolahan citra telah banyak dipergunakan dalam bidang pertanian antara lain penentuan jenis cacat biji kopi, pemutuan edamame, pemeriksaan mutu karet RSS, pemutuan buah mangga, identifikasi tingkat ketuaan dan kematangan jeruk lemon dan manggis.

       2. Bidang perdagangan

          Pembacaan kode batang (bar code) yang tertera pada barang (umum digunakan di pasar swalayan/supermarket).

       3. Bidang militer

Mengenali sasaran peluru kendali mela lui sensor visual.

Pengolahan Citra Bidang MIliter (RADAR)

       4. Bidang Kedokteran

biasanya digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.

Sumber:

http://rezapnst.blogspot.co.id/2012/09/implementasi-dari-grafik-komputer-dan.html

http://kusumangga.blogspot.co.id/2012/10/grafik-komputer-dan-pengolahan-citra.html

http://simplehyuk.blogspot.com/2014/10/aplikasi-grafik-komputer-dan-pengolahan.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s