Tugas Teori Organisasi Umum 2

A. Pengertian Organisasi, Manajemen, dan Tata Kerja

a. Organisasi

      Organisasi adalah suatu kelompok yang dibuat oleh dua orang atau lebih yang bekerjasama secara terkendali dan terpimpin untuk suatu tujuan tertentu. Organisasi biasanya memanfaatkan suatu sumber daya tertentu dalam rangka mencapai tujuan organisasi tersebut.

Adapun pengertian organisasi menurut pendapat beberapa ahli, yaitu:

  1. James D. Mooney: Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  1. Stoner: Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
  1. Kast & Rosenzweig mendefinisikan organisasi kedalam beberapa point yaitu:
  • Suatu subsistem dari lingkungan yang lebih luas
  • Terdiri dari orang-orang yang berorientasi kepada tujuan
  • Suatu subsistem teknik yaitu orang2 yang menggunakan pengetahuan, teknik, peralatan dan fasilitas
  • Suatu subsistem struktural yaitu orang-orang yang bekerja bersama dalam berbagai kegiatan yang terpadu
  • Suatu sistem psikososial yaitu orang-orang yang terlibat dalam hubungan sosial
  • Suatu subsistem manajerial yang merencanakan dan mengendalikan semua usaha
  1. Chester I. Bernard: Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Organisasi adalah suatu wadah atau pun tempat dimana orang-orang dapat bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
  1. Cyrill Soffer: Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing diberi peranan tertentu dalam suatu sistem kerja dan pembagian kerja dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas dibagikan diantara pemegang peranan dan kemudian digabung dalam beberapa bentuk hasil.
b. Manajemen

        Manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen secara universal belum memiliki definisi yang tepat dan dapat diterima. Mary Parker Follet mendifinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan tapi melalui orang lain, artinya seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

        Untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien, manajemen perlu melewati beberapa proses, yaitu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya.

c. Tata Kerja

       Tata Kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber–sumber dan waktu yang tersedia dan diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat, sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.

       Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis.

B. Ciri-Ciri Organisasi

Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Dimulai dari lingkungan yang sederhana seperti keluarga, hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan.

Adapun ciri-ciri Organisasi:

  1. Mempunyai tujuan dan sasaran
  2. Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
  3. Adanya kerjasama dari sekelompok orang
  4. Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang

C. Unsur-Unsur Organisasi

Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:

1. Man

       Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel. Pegawai atau personnel terdiri dari semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebangai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusia (manpower) organisasi.

2. Kerjasama

       Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusia (manpower) organisasi.

3. Tujuan Bersama

       Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network).

4. Peralatan (Equipment)

       Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).

5. Lingkungan (Environment)

       Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu.

D. Tipe dan Bentuk Organisasi

Tipe organisasi ada 4 macam yaitu :

1. Tipe Organisasi Garis/Line

Tipe organisasi garis atau line yaitu bentuk/struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana. Tipe organisasi ini diciptakan oleh Henry Fayol.

Ciri-ciri tipe organisasi garis ini adalah:

  • Organisasi masih kecil
  • Jumlah karyawan sedikit
  • Spesialisasi kerja masih kecil

Keuntungan dari tipe organisasi garis:

  • Mudah dimengerti dan dilaksanakan
  • Ada bagian kekuasaan dan tanggung jawab yang jelas
  • Merupakan jenis organisasi yang stabil
  • Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat
  • Solidaritas karyawan yang tinggi karenan saling mengenal

Kerugian dari tipe organisasi garis:

  • Seluruh orang terlalu bergantung pada satu orang
  • Bersifat otokratis dan dapat menjadi diktatoris
  • Kesempatan karyawan untuk berkembang sangat terbatas
  • Sulit dilaksanakan dalam suatu organisasi yang besar
2. Tipe Organisasi Fungsional

       Tipe ini diciptakan oleh F.W. Taylor. Dalam tipe ini ada pimpinan yang mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.

       Keuntungan dari tipe organisasi fungsional:

  • Dapat diperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari para ahli
  • Ada koordinasi yang baik
  • Memudahkan dalam pengawasan

       Kerugian dari tipe organisasi fungsional:

  • Banyak mengeluarkan biaya tambahan
  • Kekembaran kekuasaan dapat menimbulkan perselisihan/konflik
  • Pandangan para pekerja yang merasa terlalu banyak atasan.
3. Tipe organisasi Garis dan Staf

       Tipe ini merupakan gabungan dari tipe organisasi garis dan fungsional, sehingga menyebar struktur organisasi tersebut.

4. Tipe Organisasi Fungsional dan Staf

       Tipe ini adalah perpaduan antara tipe organisasi garis, fungsional, dan staf.

E. Struktur dan Skema Organisasi

a. Struktur Organisasi

       Struktur organisasi adalah sekumpulan komponen-komponen (unit-unit kerja) yang telah disusun dalam organisasi. Struktur organisasi berguna untuk menunjukkan adanya beberapa pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda agar bisa dikoordinasikan. Selain itu, struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah, dan penyampaian laporan.

       Struktur Organisasi juga merupakan suatu kerangka yang menunjukkan seluruh kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi, yang berhubungan dengan fungsi, wewenang, dan tanggung jawab untuk mencerminkan mekanisme-mekanisme formal pada pengelolaan organisasi.

       Menurut Keith Davis, ada 6 bagan bentuk struktur organisasi:

1. Bentuk Vertikal

       Dalam bentuk ini, sistem organisasi pimpinan sampai organisasi atau pejabat yang lebih rendah digariskan dari atas ke bawah secara vertikal.

2. Bentuk Mendatar/Horizontal

       Dalam bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun atau digariskan dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

3. Bentuk Lingkaran

       Dalam bentuk lingkaran, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke arah bidang lingkaran.

4. Bentuk Setengah Lingkaran

       Dalam bentuk ini, saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran kea rah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya

5. Bentuk Elips

       Dalam bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah digambarkan dengan pusat Elips kearah bidang elips

6. Bentuk Piramida Terbalik

       Dalam bentuk ini, saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan organisasi atau pejabat terendah digambarkan dalam susunan berbentuk piramida terbalik.

b. Skema Organisasi

       Skema atau bagan organisasi adalah suatu lukisan tentang organisasi yang dimaksudkan untuk menggambarkan susunan dari organisasi baik mengenai fungsi, bidang, tingkatan, maupun rentang kendalinya.

       Macam-macam Skema Organisasi:

  • Skema Organisasi Fungsional

       Dalam skema organisasi fungsional, menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-fungsi yang lain.

  • Skema Organisasi Jabatan

       Dalam skema organisasi jabatan, menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing.

  • Skema Organisasi Nama

       Dalam skema organisasi nama, menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan.

  • Skema Organisasi Nama dan Jabatan

       Dalam skema organisasi nama dan jabatan, menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.

  • Skema Organisasi Struktur

       Dalam skema organisasi struktur, menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut

       Macam-macam skema organisasi berdasarkan teknik atau cara membuatnya:

  • Skema Organisasi Tegak Lurus dari atas ke bawah
  • Skema Organisasi Mendatar dari kiri ke kanan
  • Skema Organisasi Gabungan Tegak Lurus dan Mendatar
  • Skema Organisasi Lingkaran
  • Skema Organisasi Gambar

Sumber:

https://maliqren.wordpress.com/2011/11/27/ciri-ciri-organisasi/

http://iamfriatmoko.blogspot.co.id/2013/10/tugas-1-teori-organisasi-umum-1.html

https://debbyamaliaaziz.wordpress.com/tipe-organisasi-ada-4-macam/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s